Saturday 4 February 2012

Bahasa Indonesia

Hello~ Hello~

Semoga kalian para Bloggers bersedia membaca sedikit pengalaman gue sama Bahasa Indonesia (Mrs. Bahasa). Pengalaman yang gak terlalu menghebohkan sih, hanya aja gue merasa ini perlu disebarkan di dunia maya hehe. 



Soal Mrs. Bahasa, gue emang aslinya rada 50:50. Antara seneng sama biasa aja gitu. Alasan pertama gue suka sama Mrs. Bahasa adalah karena gue sukaaa banget baca. Terutama baca novel dan komik. Gara-gara gue suka baca, jadi kebawa nyebur ke dunia tulis menulis deh (ya walaupun belum pernah dimuat di media tulis manapun)—buat kalian yang suka baca, silahkan sempetin buat mampir baca cerpen gue di blog ini (promosi). Nah, yang bikin gue biasa aja sama Mrs. Bahasa adalah pelajarannya. 



Bahasa Indonesia itu bukan pelajaran yang sulit, tapi bukan juga pelajaran yang bisa disepelekan. Karena nyepelein Mrs. Bahasa sama aja bunuh diri. Terutama bagi kalian yang berwarga negara Indonesia kelas 6, 9, dan 12 yang harus mengikuti UN. 

Pengalaman gue sendiri membuktikan bahwa Bahasa Indonesia itu (seperti yang dikatakan Bu Zuriah—guru Bahasa Indonesia gue) 70% mengandalkan logika dan 30% sisanya baru materi. Siap-siap aja buat kalian yang logikanya gak jalan untuk nyari dokter-pelancar-logika-biar-gak-mandeg.

Kalo gue sendiri sih punya trik khusus yang bisa (atau setidaknya) membuat gue gak blo’on-blo’on amat soal mapel Bahasa Indonesianya. Yaitu gurunya. Selama nyaris duabelas tahun gue sekolah, gue udah merasakan bagaimana rasanya dijarin sama berbagai jenis karakter guru. Mulai dari yang kelewat lemah lembut—alias kemayu—sampe yang paling sangar sekalipun gue pernah merasakan. Tapi dari sekian banyak guru Bahasa Indonesia, Cuma guru-guru tegas bin sangar doang yang bisa bikin  nalar gue jalan. 


Entah kenapa nilai-nilai gue  merosot drastis kalo diajarin sama guru yang kemayu—kalo kita bilang kelemar kelemer gitu deh. Tapi nilainya bisa meroket kalo diajarin sama yang tegas-tegas. gue pikir, mungkin karena diri gue sendiri itu perlu ditegasin, equals to otak gue paksa buat jalan, karena kalo gak bisa kena semprotan yang gak berujung dari gurunya. 

Makanya gue gak ketar-ketir pas anak-anak UJP (kelas jurusan gue  minta ganti guru, selain Bu Zuriah. Karena yang gue tau, gak ada guru Bahasa Indonesia lain yang setegas Bu Zuriah. Waduh, bisa berabe kalo begitu caranya. Masalahnya waktu SMP gue pernah ngalamin hal yang sama. Pas kelas 7 gue diajarin sama guru yang bueh, killernya minta ampun (gak usah ditanya deh). Tapi diluar itu, nilai-nilai gue bagus-bagus. Gak ada yang buruk rupa (apa deh). Eh, pas naik kelas 8, gurunya emang gak kemayu-kemayu amat, tapi gak tegas sama sekali. Alhasil? Nilai gue ketinggalan jauh sama nilai-nilai gue waktu kelas 7. Gak heran deh kalo gue berkesimpulan guru kemayu gak cocok ngajarin gue Bahasa Indonesia.


Well, sepertinya sel-sel otak gue perlu distimulasi dengan bentakan dan teguran mantap biar gak punya waktu sedikit pun buat terlelap. Ckckck, diri gue yang aneh…


Tapi, biar bagaimana pun, kita tetap harus semangat buat belajar Bahasa Indonesia. Karena sadar gak sadar, Mrs. Bahasa itu kalo gak dipelajarin dengan serius, bisa bikin kita mumet juga loh! Ayo! Semangat belajar Bloggers!

No comments: